[LOWONGAN] Staf Divisi Informasi dan Kampanye Publik
Organisasi | IPC (Indonesian Parliamentary Center) |
Posisi Tersedia | Staf Divisi Informasi dan Kampanye Publik |
Batas Akhir Aplikasi | 16 Agustus 2016 |
Masa Kerja | 3 bulan masa percobaan dan pegawai tetap, 160 jam kerja per bulan |
Lokasi | Jakarta |
Area Kerja | Indonesia |
LATAR BELAKANG ORGANISASI
IPC merupakan lembaga yang memiliki visi untuk menjadi pusat kajian, informasi, dan advokasi parlemen yang terpercaya dalam rangka mewujudkan parlemen yang efektif, representatif dan akuntabel. Dalam mendorong visi tersebut, IPC terfokus pada 3 tujuan utama, yaitu: (1) Menyelenggarakan kajian mengenai parlemen yang efektif, representatif dan akuntabel (2) Mendorong reformasi kebijakan mengenai parlemen yang efektif, representatif dan akuntabel dan (3) Pendidikan parlemen untuk penguatan kapasitas anggota dewan dan partisipasi masyarakat.
Tiga fokus isu yang menjadi wilayah kerja IPC yaitu: (1) Desain kelembagaan parlemen di tingkat pusat dan daerah (2) Proses dan mekanisme legislasi, pengawasan, penganggaran dan representasi politik (3) Sistem pendukung parlemen. Perspektif yang digunakan dalam melaksanakan visi di atas, yaitu transparansi (keterbukaan informasi dan keterbukaan sikap), partisipasi (keterlibatan publik) dan akuntabilitas (dapat dipertanggungjawabkan di depan publik) dalam penyelenggaraan parlemen.
IPC bekerja dengan melibatkan banyak pihak: Anggota DPR, Sekretariat Jenderal DPR, Tenaga Ahli DPR, Organisasi Masyarakat Sipil yang bergerak pada isu parlemen, pemilu dan partai politik, serta sejumlah lembaga donor. (selengkapnya lihat: www.ipc.or.id).
TUGAS DAN TANGGUNGJAWAB YANG DIHARAPKAN
Dalam kerangka mendorong reformasi parlemen, IPC membutuhkan dukungan data dan informasi untuk menyusun sikap kelembagaan dan rekomendasi yang mendalam dan relevan dengan situasi yang berkembang di DPR. IPC juga membutuhkan kampanye publik mengenai gagasan-gagasan yang telah disusun tersebut dengan tujuan untuk memperoleh dukungan dari para pihak dan publik yang lebih luas.
KUALIFIKASI UMUM
- Mampu untuk membangun kepercayaan, komunikasi, koordinasi dan kemitraan dengan pemangku kepentingan organisasi (Anggota DPR, Sekretariat Jenderal DPR RI, Tenaga Ahli DPR RI, CSO).
- Sarjana yang memilki kualifikasi pada bidang ilmu politik, hukum, hak asasi manusia, atau ilmu sosial. Diutamakan yang memiliki kemampuan bahasa Inggris.
- Bersedia untuk bekerja secara reguler sebanyak 160 jam per bulan.
KUALIFIKASI SPESIFIK
- Memiliki pengalaman minimal satu tahun dalam pengelolaan data, informasi, media monitoring dan pengelolaan media berbasis IT.
- Mampu mengelola website dan media sosial organisasi.
- Mampu mengumpulkan data yang berkiatan dengan parlemen.
- Mampu mengolah data dan informasi dan menyajikannya dalam format yang familiar dengan media sosial.
- Mampu bekerja dalam tim.
Salary range: Rp. 2.500.000 – Rp. 3.000.0000
Aplikasi dikirim sebelum tanggal 17 Agustus 2016 . Surat lamaran dan CV dikirim ke admin@ipc.or.id. Tulislah posisi yang anda lamar dalam judul email. Hanya kandidat terpolih yang akan dikontak untuk interview.